LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Sebuah informasi berupa tautan atau link berhadiah dari Kopi Janji Jiwa tersebar di Whatsapp Group (WAG).

Tautan tersebut bertajuk, pada ulang tahun perusahaan Kopi Janji Jiwa yang ke-30, maka akan dibagi hadiah yakni 1000 jam tangan pintar dan perangkat seluler.

Namun, setelah tautan itu dibuka lebih lanjut, calon pemenang akan diminta untuk mengisi survei tertentu pada laman yang mengatasnamakan Kopi Janji Jiwa itu. Situs pada link tersebut juga menuliskan narasi sebagai berikut:

Perayaan ulang tahun ke-30

Banyak hadiah yang sangat indah, serta lebih dari 1000 unit jam tangan pintar dan perangkat seluler

Berikut link berhadiah yang tersebar luas di WAG:

https://coffeeshop.store/janjijiwa/?t=1622033384026

Pemeriksaan Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran tim Cek Fakta Ayobandung.com, link berhadiah mengatasnamakan Kopi Janji Jiwa itu adalah bohong alias hoaks. Pasalnya, pihak Kopi Janji Jiwa sendiri melalui akun Instagram @kopijanjijiwa membantah akan adanya link berhadiah tersebut.

Dalam Instagram stories-nya, pihaknya menegaskan, segala bentuk kegiatan (Event, Giveaway, Kuis, dll) hanya diselenggarakan di akun Instagram resmi @kopijanjijiwa.

"Apabila ada pihak yang memberikan informasi kegiatan tersebut bukan melalui akun Instagram resmi @kopijanjijiwa, maka hal itu bukan dari pihak Kopi Janji Jiwa," tegas @kopijanjiwa.

Tangkapan Layar di Instagram Stories @kopijanjijiwa

Tak hanya berupa hoaks soal hadiah 1.000 jam tangan pintar dan perangkat seluler, pesan berantai yang menginformasikan bahwa Kopi Janji Jiwa berulang tahun ke-30 juga termasuk hoaks. Faktanya, Kopi Janji Jiwa baru berdiri dari 2018 atau tiga tahun lalu.

Kesimpulan

Berdasarkan fakta-fakta yang dikumpulkan oleh tim Cek Fakta Ayobandung.com, informasi mengenai tautan berhadiah 1.000 jam tangan pintar dan perangkat seluler di ulang tahun Kopi Janji Jiwa yang ke-30, adalah hoaks.

Informasi tersebut dikategorikan sebagai konten palsu. Konten palsu menurut First Draft adalah, konten baru yang 100% salah dan didesain untuk menipu serta merugikan.

Sumber hoaks: Pesan Berantai di Whatsapp

Link counter hoaks:

https://www.instagram.com/stories/highlights/17954275036426588/?hl=en

https://www.tabloidbintang.com/wisata-kuliner/nongkrong/read/141035/kisah-sukses-pendiri-kedai-kopi-janji-jiwa-billy-kurniawan [*]