LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Lembaga Cyrus Network asal Jakarta melakukan survei di masyarakat terkait apa yang muncul di benak publik saat mendengar kata "polisi".

Direktur Riset Cyrus Network, Fadhli MR pun membagikan hasil laporan survei itu, Senin, 21 Juni 2021.

Menurut Fadhli, secara keseluruhan hasil survei cenderung positif. Hal pertama yang paling banyak tercetus responden survri adalah "Menjaga Keamanan". 

“Secara top of mind, sebanyak 22,9 persen responden menjawab 'Menjaga Keamanan' saat ditanyai pertanyaan, 'Apa yang terlintas pertama kali di benak Anda jika mendengar kata 'Polisi'?" kata Fadhli. 

Setelah "Menjaga Keamanan", urutan kata kunci terbanyak dalam survei adalah "Aparat Penegak Hukum” sebanyak 19,8 persen dan “Melindungi dan Mengayomi” masyarakat sebanyak 13 persen.

Sementara tiga peringkat pertama berbau positif, namun ada juga masyarakat yang dalam benaknya masih terbentuk persepsi seperti "Takut" dengan persentase 9,9 persen, dan "Razia/Tilang" sebanyak 5 persen. 

“Opini publik terhadap Polri relatif positif. Terlihat tiga respon teratas merupakan respon yang positif menggambarkan fungsi dan tugas dari Kepolisian,” ucap Fadhli. 

Pengumpulan data untuk survei diberlangsungkan sejak 28 Mei hingga 1 Juni 2021. Sebanyak 1.230 responden terlibat dalam survei, dan mereka tersebar secara proporsional di 123 desa/kelurahan terpilih di 32 provinsi. 

Significant level, atau tingkat kepercayaan dalam survei adalah 95 persen. Sementara itu, margin of error untuk surveinya berada di angka 2,85 persen. [*]