LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Tidak hanya luka pada fisik, setiap orang juga bisa mengalami luka batin.

Luka batin inilah yang justru lebih sulit untuk sembuh dan biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menyembuhkannya.

Luka batin itu jika dibiarkan akan mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga ada baiknya jika setiap orang mengetahui tanda-tanda tertentu dari gejala luka batin yang masih mengendap.

Dihimpun dari informasi yang dibagikan The Minds Journal, berikut beberapa tanda seseorang menyimpan luka batin.

1. Mudah menangis karena hal kecil

Menangis adalah aktivitas yang wajar bagi manusia. Akan tetapi, jika sudah terlalu sering dan berlarut-larut, artinya ada suatu luka batin yang menunggu untuk disembuhkan.

Orang yang sedang menyimpan luka pada batinnya bahkan akan menangis karena hal-hal kecil, misalnya saat menonton drama yang sebenarnya tidak mengangkat adegan sedih.

2. Kehilangan minat pada hal yang dulu disukai

Jika seseorang memiliki minat pada suatu bidang dalam suatu waktu yang lama dan tiba-tiba minat itu seolah dibuang begitu saja, bisa jadi seseorang sedang mengalami luka batin. Hal-hal yang dulunya tampak menarik bisa jadi tidak menarik lagi.

3. Menarik diri dari pergaulan

Perilaku orang-orang jadi lebih mudah untuk menghasilkan kesan yang mengganggu pada perspektif orang yang sedang memiliki luka batin. Akhirnya, perilaku yang terasa mengganggu itu pun bisa membuat seseorang menarik diri dari pergaulan.

4.  Terus mengulang kenangan buruk di pikiran

Seseorang dengan luka batin biasanya akan memutar terus kenangan buruk yang membuat dirinya terlukai secara psikis. Dampaknya, hal-hal yang sedang terjadi di depan mata pun seringkali tidak direspon secara efektif.

5. Overthinking

Berpikir memang sudah menjadi kodrat manusia. Akan tetapi, jika suatu hal terlalu dipikirkan secara mendalam sampai hal-hal lain di sekitar seolah tidak hadir, kebiasaan ini pun bisa berdampak buruk kepada psikis.

6. Mati rasa

Seseorang dengan luka batin biasanya akan berkurang empatinya terhadap hal-hal lain di sekitar. Bahkan, perasaan sendiri pun terkadang tidak bisa lagi dimengerti.

7. Jadwal tidur yang berantakan

Jadwal tidur sehat menunjukkan jiwa yang sehat. Jika seseorang mengalami kekacauan pada pola tidurnya, dapat diduga seseorang itu sedang mengalami guncangan pada mentalnya karena suatu hal tertentu.

8. Merasa tidak berharga dan putus asa

Luka psikis dapat membuat seseorang tidak merasa dirinya berharga lagi. Pada gilirannya, hilangnya apresiasi terhadap diri sendiri pun membuat seseorang cenderung untuk memutuskan harapannya dalam hal-hal tertentu.

9. Merasa tersesat

Hilangnya penghargaan terhadap diri sendiri, ditambah dengan keputusasaan yang merongrong diri, dapat membuat seseorang merasa tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Parahnya, ketika seseorang tidak memiliki tujuan yang jelas dalam hidup, sangat rentan bagi seseorang itu untuk terkena luka-luka psikis lain akibat dari dirinya yang sulit beradaptasi di lingkungan tertentu.

10. Merasa hancur dan butuh disembuhkan

Pada awalnya, mungkin seseorang tidak sadar jika dirinya sedang mengidap luka batin. Namun, jika terus terjadi dalam jangka waktu panjang, biasanya ada masanya ketika seseorang merasa dirinya butuh untuk disembuhkan. [*]

terbaru

Sehat | 18:45

Petroleum Jelly dan Segudang Manfaat Baik untuk Kulit

Sehat | 16:46

Tenang! 5 Efek Samping Vaksin Covid Ini Lumrah Terjadi

Sehat | 16:00

8 Manfaat Joging bagi Kesehatan, Jarang Diketahui!

Sehat | 13:46

Kolesterol, Hipertensi, hingga Diabetes Minggat dengan Kacang Ini...

Sehat | 13:23

Kolesterol hingga Diabates Musnah dengan Mi Ini, Aman Dikunsumsi...

Sehat | 12:18

Kolesterol, Diabetes, hingga Kanker Musnah dengan Makan Ini, Jara...

Sehat | 11:42

Simak! Ini Cara Mengatasi Keracunan Jengkol Menurut Dokter

Sehat | 11:28

Diabetes Kabur dengan Tanaman Ini, Jarang Diketahui!

TERKAIT

Manfaat dan Risiko Kerokan dari Kacamata Medis

Ini 4 Hal Penting soal Tanggal Kedaluwarsa Obat

5 Manfaat Kesehatan dari Membaca Buku

4 Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan

5 Manfaat Apel untuk Kesehatan