LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Di masa pandemi COVID-19, banyak orang berlomba-lomba untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya dengan cara suntik vitamin C.

Lantas, amankah jika suntik dilakukan berbarengan dengan vaksin COVID-19? Dr. Robert Sinto, SpPD-KPTI, dokter konsultan Tropik Infeksi RSCM mengatakan cukup aman melakukan suntik vitamin C dan vaksin COVID-19 di hari yang sama. Sebab, komposisi kedua suntikan tersebut berbeda.

"Tidak ada batasan karena dua-duanya tidak berinteraksi jadi bisa diberikan. Misalnya, pagi divaksin dan sorenya disuntik vitamin C, tidak apa-apa," ujar Dr. Robert dalam webinar "Suntik Sehat".

Dr. Robert menyarankan sebaiknya memang tidak dilakukan secara berbarengan kecuali memang sangat mendesak. Dr. Robert mengatakan penyuntikan di waktu yang bersamaan akan mempersulit untuk melihat beda efek samping dari vaksin atau vitamin.

"Nanti kita tidak bisa mengamati efek samping yang muncul, apakah ini misalnya demam karena efek samping akibat vaksin atau vitamin," kata Dr. Robert.

"Konsekuensi ini akan berpengaruh pada pengulangan berikutnya. Nanti kan akan rancu efeknya, jadi kalau memang tidak perlu segera, kita bisa memberikan jeda dalam hitungan hari meski tidak ada kontraindikasi," ucap Dr. Robert.