ASTANAANYAR, AYOBANDUNG.COM– Pemerintah Kota Bandung menjamin akan membantu para korban terdampak kebakaran yang menghanguskan 20 rumah di RT 04 RW 04 Kelurahan Nyengseret Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung.

Saat meninjau lokasi kejadian, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menginstruksikan Camat Astanaanyar dan Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung untuk mendirikan dapur umum.

Dapur umum ini dimaksudkan untuk melayani korban terdampak selama sepekan ke depan. Dalam kunjungannya itu juga ia ingin memastikan bagi yang belum memiliki tempat tinggal sementara, untuk segera ditangani. 

Dari sebanyak 95 orang yang ikut terdampak, 70 jiwa di antaranya mengungsi di aula kantor Kelurahan Nyengseret.

"Ada sebagian warga yang telah dibawa keluarganya. Ada juga yang masih di sini (di lokasi kebakaran). Itu yang menjadi tanggung jawab kita untuk membantunya," kata Oded, Minggu, 20 Juni 2021.

Kronologi dan Kisaran Kerugian

Perlu diketahui, si jago merah marah besar dan melahap 20 rumah di Jalan Astanaanyar Gang Entit No. 14 RT 04 RW 04 Kelurahan Nyengseret Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung.

Kebakaran itu terjadi pada Sabtu 19 Juni 2021 pukul 18.08 WIB. Beruntung, tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. 

Menurut ketua RT 02 Cucu Sarbeni, salah satu rumah warga sudah dalam keadaan terbakar sekitar pukul 18.05 WIB. Penanganan awal dilakukan dengan menggunakan alat seadanya.

Dalam waktu 15 menit, petugas dari Dinas Kebakaran Kota Bandung tiba di lokasi kebakaran. Diskar PB sendiri memerlukan waktu selama tiga jam 40 menit untuk menangani kebakaran di pemukiman padat penduduk ini.

Akibat kebakaran itu, dampak kerugian berkisar Rp 4 miliar.