LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Pertandingan krusial tersaji di laga terakhir grup A dalam gelaran Euro 2020. Pertandingan itu mempertemukan antara Italia dan Wales di Station Olimpico, Roma, pada Minggu 20 Juni 2021 malam.

Di grup A, Italia sudah memastikan diri lolos ke babak selanjutnya setelah berhasil menang 3-0, yakni masing-masing dengan Turki dan Swis. Dengan begitu, Italia bertengger di posisi puncak grup A dengan koleksi 6 poin.

Sedangkan di kubu Wales, meski hasil imbang saja sudah cukup, akan tetapi kemenangan atas Italia nanti malam akan membuat mereka menjadi pemuncak klasemen di grup A dengan torehan 7 poin.

Titik kekuatan Italia VS Wales

Lini serang Italia dalam dua pertandingan terakhir di Euro 2020 terbukti tokcer. Hal tersebut diperlihatkan oleh Ciro Immobile yang berhasil mencetak satu gol ke gawang Tukri dan satu gol ke gawang Swiss.

Selain Immobile, Lorenzo Insigne, Domenico Berardi, Andrea Belotti, Federico Chiesa, Federico Bernardeschi, dan Giacomo Raspadori akan menjadi ancaman besar ke gawang Wales yang dijaga oleh Danny Ward.

Wales pun memiliki pertahanan yang bisa dibilang solid. Ada Ben Davies, Joe Rodon, Chris Mepham, Connor Roberts, dan Joe Morrel siap menjadi benteng pertahanan Wales nanti.

Negeri Pizza diprediksi akan menaklukan Wales dengan skor tipis.

Perkiraan susunan pemain Italia vs Wales

Italia XI (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi, Leonardo Bonucci, Francesco Acerbi, Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli; Domenico Berardi, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne

Wales XI (4-2-3-1): Danny Ward; Ben Davies, Joe Rodon, Chris Mepham, Connor Roberts; Joe Morrel, Joe Allen; Gareth Bale, Aaron Ramsey, Daniel James; Kieffer Moore

Skor Head to Head Italia vs Wales

Jumlah pertemuan antara Italia dan Wales berjumlah sembilan pertandingan. Dari keseluruhan pertemuan, Italia unggul dengan tujuh kemenangan dan Wales hanya dua kali menang.

Berikut lima pertemuan terakhir antara Italia vs Wales:

(24/01/1996) Italia 3-0 Wales (Persahabatan)
(05/09/1998) Italia 2-0 Wales ( Kualifikasi Euro )
(05/06/1999) Italia 4-0 Wales ( Kualifikasi Euro )
(16/10/2002) Italia 1-2 Wales ( Kualifikasi Euro )
(06/09/2003) Italia 4-0 Wales (Kualifikasi Euro)

5 Pertandingan Terakhir Italia

(01/04.21) Lithuania 0-2 Italia (Kualifikasi Piala Dunia)
(29/05/21) Italia 7-0 San Marino (Persahabatan)
(05/06/21 Italia 4-0 Republik Ceko (Persahabatan)
(12/06/21 Turki 0-3 Italia (Euro 2020)
17-06-21 Italia 3-0 Swiss (Euro 2020)

5 Pertandingan Terakhir Wales

(3103/21) Wales 1-0 Rep Ceko (Kualifikasi Piala Dunia)
(03/06/21) Prancis 3-0 Wales (Persahabatan)
(05/06/21) Wales 0-0 Albania (Persahabatan)
(12/06/21) Wales 1-1 Swiss (Euro 2020)
(16/06/21) Turki 0-2 Wales (Euro 2020)

Komentar Jurnalis:

Paolo Menicucci, reporter Italia:
Setelah hanya mengganti satu pemain – Alessandro Florenzi yang cedera digantikan oleh Giovanni Di Lorenzo – antara game pertama dan kedua, Roberto Mancini diperkirakan akan mengubah susunan pemainnya untuk membawa pemain baru melawan Wales. Andrea Belotti dan Federico Chiesa bersaing untuk mendapatkan tempat di lini serang, dan sementara cedera Giorgio Chieliini tidak serius, bek tengah itu sudah fokus pada babak 16 besar. Mancini tidak khawatir untuk melakukan perubahan; seperti yang dikatakan Chiellini kepada kami hari ini: "Dalam tim ini Anda dapat mengubah aktor tetapi naskahnya tetap sama." 

Matthew Howarth, reporter Wales:
Kemenangan luar biasa Wales atas Turki telah membuat mereka di ambang lolos ke babak sistem gugur untuk EURO kedua berturut-turut, tetapi mereka masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan melawan tim Italia yang melenturkan otot mereka di pembukaan mereka dua pertandingan Grup A. Sedikit saja penurunan performa dari sisi Rob Page akan dimanfaatkan dengan kejam oleh Italia, yang tidak diragukan lagi ingin menyelesaikan babak penyisihan grup dengan penuh gaya.

Prediksi Skor Italia VS Wales
Berkaca dari lima pertemuan terakhir, Italia jelas lebih diunggulkan. Mereka berhasil memborong seluruh kemenangan di lima pertemuan tersebut. Dan menariknya, mereka menang tanpa ada satupun kebobolan.

Namun, bukan berarti Wales akan hanya diam saja dan menunggu hasil imbang. Gareth Bale dan kawan-kawan akan ngotot dan berjuang keras demi poin penuh dan memuncaki klasemen grup A.

Meski begitu, skuad asuhan Roberto Mancini tetap akan diunggulkan. Prediksi Italia 2 - 0 Wales. [*]