LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menangis adalah hal alami yang dilakukan manusia ketika menghadapi gejolak emosi. Baik itu perasaan sedih ataupun bahagia.

Bila Anda tengah berduka atauubaru saja putus cinta, menangis berhari-hari mungkin menjadi hal yang lazim dilakukan. Ternyata menangis juga bisa membakar kalori lho.

Dilansir dari Suara.com, Sabtu 19 Juni 2021, selama menangis, peningkatan denyut jantung telah diamati. Air mata dilepaskan melalui saluran air mata, melapisi mata dan meluap darinya.

Sehingga selama Anda mengalami emosi yang intens ini, Anda mungkin melihat penurunan berat badan.

Kemungkinannya, penurunan berat badan yang disebabkan oleh kesedihan dan depresi lebih erat kaitannya dengan hilangnya nafsu makan daripada menangis.

Sebab menangis membutuhkan hanya sedikit aktivitas fisik dan memiliki efek minimal pada tingkat metabolisme Anda. Tindakan fisik menangis membakar sejumlah kecil kalori.

Dikutip dari Healthline, Anda harus menangis selama berjam-jam, berhari-hari, untuk membakar jumlah kalori yang sama dengan satu kali jalan cepat.

Menangis diperkirakan membakar jumlah kalori yang kira-kira sama dengan tertawa, yakni 1,3 kalori per menit. Itu berarti bahwa untuk setiap sesi menangis 20 menit, Anda membakar 26 kalori lebih banyak daripada yang Anda bakar tanpa air mata.

Itu bukanlah jumlah yang banyak. Jadi jangan sengaja menangis untuk membakar kalori, ya!