CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Lahan relokasi yang diperuntukan bagi para pengungsi bencana longsor di Kampung Cingkeuk dan Babakan Cingkeuk Desa Cibokor Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, dinyatakan siap digunakan.

Kepala Desa Cibokor, Elian Syahudin, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan lahan dengan luas satu hektar lebih untuk merelokasi puluhan kepala keluarga (KK) pengungsi bencana longsor.

“Kami sudah siapkan lahannya, tanah tersebut milik desa. Hanya saja skerang masalah  kesiapan pihak-pihak tertentu untuk penggunaannya,” terang Elian pad wartawan, Kamis 10 Juni 2021.

Letak lahan yang direncanakan berada di Kampung Warnarasa. Letaknya dekat kantor Desa Cibokor. “Memang jaraknya lumayan jauh dari titik lokasi longsor,” katanya.

Rencana warga yang akan direlokasi masih dalam pembahasan, apakah satu kampung atau dua kampung yang akan direlokasi.

“Bisa saja rumah yang tertimbun saja yang akan direlokasi, kalau berdasarkan ada lima rumah yang tertimbun rata dengan tanah,” katanya.

Hanya saja, berdasarkan pengalaman sebelumnya, ungkap Elian, pada 2008 lalu pernah terjadi longsor dan sudah direlokasi ke Kampung Warnarasa, tapi mereka balik lagi ke lokasi longsor dan membangun rumah.

“Alasan mereka balik lagi karena ladang mereka dengan daerah relokasi cukup jauh, jadi mereka balik lagi dan membangun rumah lagi. Dikhawatirkan hal tersebut terulang lagi saat ini,” tandasnya.