LENGKONG, AYOBANDUNG.COM —Tepat 12 tahun lalu, Persib bungkam Persija sebagai penutup petualangan di Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009.

Pada 10 Juni 2009 silam itu, Pangeran Biru sukses mengunci kemenangan 2-1 atas tuan rumah Persija Jakarta di Stadion Gajayana, Malang.

Saat itu, Macan Kemayoran terpaksa menjamu Pangeran Biru di luar Jakarta akibat masalah perizinan. 

Persib mampu unggul di babak kedua pertandingan tepatnya pada menit 50 melalui aksi Airlangga. Persija sempat membuat gol penyama kedudukan melalui Fabio Lopes Alcantara enam menit kemudian. 

Namun, gol tersebut tak membuat semangat anak-anak Bandung menurun. Pada menit 89, Persib mendapatkan kesempatan emas melalui titik putih. Peluang itu pun mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Cristian Gonzales untuk mencetak gol kemenangan bagi Pangeran Biru. Keunggulan 2-1 untuk Persib bertahan hingga laga usai. 

Kendati menang, Persib gagal menempati posisi runnerup di klasemen akhir. Pangeran Biru kalah selisih gol dari Persiwa Wamena dan harus puas bertengger di posisi ketiga dengan koleksi 66 poin. 

Akan tetapi, striker Persib berdarah Uruguay, Gonzales sukses menyabet gelar top skor bersama dengan Boaz Solossa. Keduanya sama-sama mengoleksi 28 gol sepanjang musim. Dari 28 gol tersebut, Gonzales mencetak masing-masing 14 gol untuk Persik Kediri di putaran pertama dan 14 gol untuk Persib di putaran kedua.