LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Jika kamu termasuk orang-orang yang sudah tidak sabar menunggu jaringan 5G segera rilis di Indonesia, sikap ini bisa diwajarkan.

Alasannya, Singapura, Filipina, dan Thailand, sudah terlebih dahulu mulai menyediakan jaringan 5G kepada warganya. Jadi, tak berlebihan jika kita juga ingin segera merasakannya.

Kominfo pun sudah menjanjikan, penduduk Indonesia yang tinggal di beberapa wilayah sebentar lagi akan bisa menggunakan jaringan telekomunikasi terbaru 5G.

Terutama mereka yang menggunakan Telkomsel. Operator seluler tersebut pada 27 Mei akan meluncurkan layanan 5G secara komersial untuk pelanggan mereka.

Sebelum layanan tersebut resmi meluncur, ada beberapa hal yang sudah diketahui tentang layanan 5G yang hadir sebentar lagi.

Tak Perlu Ganti Kartu SIM

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro pada jumpa pers beberapa waktu lalu mengatakan, pengguna tidak perlu mengganti kartu SIM untuk menikmati layanan 5G, paling tidak untuk saat ini. Pengguna Telkomsel tidak perlu menukar kartu SIM selama mereka sudah menggunakan kartu 4G.

Wilayah terbatas

Jaringan 5G nanti baru tersedia secara terbatas dan bertahap di enam area perumahan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Area yang akan mendapatkan 5G, yaitu Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, Widya Chandra di Jakarta, dan kawasan Alam Sutera dan BSD di Tangerang.

Telkomsel juga berencana menggelar 5G di luar Jabodetabek, antara lain, di Solo, Medan, Balikpapan, Bandung, Makassar, Surabaya, Denpasar, dan Batam.

Frekuensi 2,3GHz

Sinyal 5G dari Telkomsel menggunakan spektrum frekuensi radio 2,3GHz, yang didapatkan operator seluler tersebut melalui lelang awal tahun ini.

Pemerintah menggelar lelang spektrum frekuensi sebelum penyelenggara telekomunikasi bisa menggunakan sumber daya alam terbatas tersebut. Setelah mendapatkan izin penggunaan spektrum frekuensi radio, penyelenggara telekomunikasi wajib membayar biaya hak penggunaan (BHP) spektrum frekuensi radio.

Spektrum frekuensi 2,3GHz tergolong spektrum middle band, yaitu pada rentang 1GHz sampai 6GHz, yang cocok digunakan untuk jaringan mobile broadband.

Uji coba

Sebelum akhirnya diluncurkan tahun ini, operator seluler sudah menggelar uji coba jaringan 5G selama beberapa tahun belakangan ini. Telkomsel pada 2018 lalu menggelar uji coba 5G saat perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta, yaitu untuk mobil otonom.

Lebih cepat dari 4G

Saat uji coba pada 2018 lalu, meskipun bukan untuk jaringan seluler, kecepatan 5G mencapai 16,6GBps, sementara 4G 0,30GBps. Jaringan 5G pada saat itu menawarkan kecepatan sekitar 16 kali lipat dibandingkan 4G.

Adapun secara keseluruhan, Kominfo menargetkan proses implementasi jaringan internet 5G pada 13 wilayah utama yang disebutkan di atas akan rampung pada tahun 2024.