LENGKONG, AYOBANDUNG.COM —Belakangan ini animo masyarakat terhadap informasi jaringan sedang meningkat. Alasannya, banyak yang memberitakan soal jaringan 5G akan segera hadir di Indonesia.

Ketidaksabaran itu wajar, mengingat Singapura, Filipina, dan Thailand, sudah terlebih dahulu mulai menyediakan jaringan 5G kepada warganya.

Perlu diketahui, 5G merupakan jaringan internet generasi terbaru, yang mengeklaim memiliki kecepatan unduh 10-20 kali lebih cepat dibanding kecepatan internet 4G. Jaringan 5G ini dianggap penting karena menyokong teknologi masa depan yakni mobil otonom (self-driving car).

Kominfo menyampaikan, setidaknya terdapat 13 wilayah utama yang akan mendapat jaringan internet 5G, dan memberi bocoran jadwal rilis jaringan 5G di Indonesia

Ketentuan tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri No. 2 Th. 2021 mengenai Rencana Strategis Kominfo.

Dalam peraturan tersebut, disampaikan bahwa Kominfo mempersiapkan implementasi jaringan internet 5G di Tanah Air, yang harus didukung  infrastruktur memadai.

Adapun beberapa wilayah yang akan mendapatkan jaringan internet 5G yakni sebagai berikut.

- Ibu Kota Negara (IKN)

- 6 Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa

- 6 Destinasi Wisata Super Prioritas

- 1 wilayah industri manufaktur

Jadwal Rilis Jaringan 5G di Indonesia

Jadi. kapan 5G rilis di Indonesia? Kominfo menargetkan proses implementasi jaringan internet 5G pada 13 wilayah utama yang disebutkan di atas  rampung tahun 2024. 

Kominfo juga menargetkan Ibu Kota Negara sudah dapat menikmati jaringan internet 5G 100 persen pada tahun yang sama.

Meski begitu, baru-baru ini tersiar kabar bahwa jaringan 5G di Indonesia akan tersedia di 6 wilayah melalui Telkomsel pada 27 Mei 2021. 

Ya, Telkomsel secara resmi memperoleh SKLO (Surat Keterangan Laik Operasi) jaringan 5G dari Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) pada 24 Mei 2021.

Adapun wilayah tersebut yaitu Kelapa Gading, BSD, Pondok Indah, PIK, Alam Sutera, dan Widya Chandra. Selain itu, ada juga kota di luar Jabodetabek yaitu Bandung, kota Solo, Surabaya, Denpasar Medan, Balikpapan, Batam, dan Makassar.

Setelah memperoleh ijin komersialisasi, itu menandakan bahwa Indonesia sudah memasuki tahapan simultan operasi  jaringan 4G dengan 5G. Selain itu, dengan diperolehnya ijin tersebut Telkomsel telah resmi jadi operator seluler di Indonesia pertama yang menggelar layanan jaringan 5G

Namun perlu diingat, rilisnya jaringan 5G ini hanya untuk beberapa wilayah saja dan melalui operator Telkomsel. Jadi belum dapat dikatakan seluruh Indonesia sudah tersedia layanan 5G. [*]