BOGOR, AYOBANDUNG.COM-- Selama masa libur lebaran, hampir sebagian besar destinasi wisata dipadati pengunjung. 

Beberapa destinasi wisata mesti ditutup paksa hingga dikenakan sanksi oleh petugas, lantaran menerima pengunjung melebihi batas ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Hal tersebut justru berbanding terbalik dengan wisata bertajuk edukasi. Seperti museum misalnya. Di Kota Bogor sendiri, kunjungan wisatawan yang datang ke museum masih minim.

Jika dibandingkan dengan kunjungan wisatawan pada destinasi lainnya, jumlahnya sangat berbanding jauh.

Bagian Edukasi Museum Zoologi Bogor Hasan Maulana mengatakan, pada periode libur lebaran kemarin, angka tertinggi jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke museum hanya 1002 pengunjung. 

Jumlah tersebut sangat berbanding jauh, dengan jumlah kunjungan harian wisatawan Kebun Raya Bogor yang mencapai 9.117 pengunjung.

"H+1 lebaran atau Kamis 13 Mei kemarin jumlah pengunjung museum sekitar 200 orang. Jumat 14 Mei ada sekitar 300 orang, Sabtu 15 Mei 950 orang dan Minggu 16 Mei paling banyak ada 1002 pengunjung," katanya, kepada ayobogor.com Jumat 21 Mei 2021.

Dirinya berharap kedepan, pemerintah bisa membantu mendorong potensi wisata edukasi kepada masyarakat. Mengingat museum merupakan salah satu potensi wisata yang cukup menjanjikan.

"Cuma ke museum kita bisa berlibur sambil belajar. Semoga saja kedepan pemerintah bisa mendorong minat masyarakat untuk datang ke museum," tutupnya.

Sekedar diketahui, selama periode libur lebaran jumlah total kunjungan wisatawan Museum Zoologi Bogor 2.452 pengunjung. Sementara jumlah kunjungan wisatawan Kebun Raya Bogor mencapai 23.520 pengunjung.