LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ucapan selamat Idulfitri مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ "minal aidin wal faizin". Ucapan ini menjadi merefleksikan minta maaf sekaligus mendoakan terhadap orang yang kita salami ketika pertemuan di hari lebaran.  

Dra Hj Udji Asiyah dalam bukunya "Dakwah Cerdas Ramadan, Idul Fitri, Walimatul Hajj dan Idul Adha" mengatakan, ungkapan مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ  'minal aidin wal faizin' merupakan ungkapan bahasa Arab, tetapi ungkapan tersebut tidak populer di masyarakat Arab. "Walaupun berasal dari bahasa Arab, tetapi kalimat ini di arab sendiri tidak populer," katanya.

Aisyah mengatakan  مِنَ الْعَاءِدِيْنَ 'minal aidin' mempunyai pengertian golongan yang kembali dan kalimat وَالْفَائِزِيْنَ 'wal faizin' artinya golongan yang menang. Makna kalimat tersebut adalah ‘Semoga kita semua termasuk golongan yang kembali (fitrah suci) dan termasuk orang yang meraih kemenangan melawan hawa nafsu.’

" مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ minal aidin wal faizin biasanya diawali dengan kata جَعَلَنَا اللهُ   'ja’alanallah sehingga menjadi جَعَلَنَا اللهُ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ ja'alanallahu minal aidin wal faizin. Artinya adalah ‘Semoga Allah menjadikan kita termasuk golongan orang-orang yang kembali fitrah dan menjadi pemenang’," katanya.

Ungkapan ini kata Hj Asiyah merupakan budaya lokal Indonesia. Tetapi jika kita mengungkapkan minal aidn wal faizin mohon maaf lahir dan batin, seakan-akan itu مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ minal aidin wal faizin artinya mohon maaf lahir dan batin. "Hal tersebut tidak benar menurut bahasa," katanya.

Dia menyarankan, sebagai penutup ungkapan selesai Ramadan sebaikanya digabungkan saja menjadi sebagai berikut:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ جَعَلَنَا اللهُ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ Taqabbalallahu minna waminkum ja'alanallahu minal aidin wal faizin.

Artinya "Semoga Allah menerima amalan-amalan yang telah saya dan anda kerjakan dan semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali kepada Fitrah dan orang-orang yang mendapatkan kemenangan."