LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah di Padang, Sumatera Barat, sudah merayakan Idul Fitri 1442 H hari ini, Rabu, 12 Mei 2021.

Imam Naqsyabandiyah Padang, Afrizal, mengatakan mereka sudah melaksanakan sholat Id pagi ini. Karena masih di tengah situasi pandemi, mereka sudah mewanti-wanti seluruh jamaah supaya menerapkan protokol kesehatan sejak dari rumah masing-masing sampai ke masjid tempat sholat Id.

"Sudah kami anjurkan kepada semua jamaah agar menaati prokes yang seperti yang dikatakan pemerintah. Terlebih yang sudah lansia supaya disiplin ketat prokes," kata Afrizal.

Umat Muslim Indonesia shalat selama sholat Tarawih pertama pada malam Ramadhan di sebuah masjid di Depok, Indonesia, 12 April 2021.

Afrizal menyebut untuk menentukan Idul Fitri 1442 H jatuh hari ini, mereka menggunakan metode penetapan dengan kalender munjid. Total, jamaah Tarekat Naqsyabandiyah sudah melaksanakan puasa Ramadhan selama 30 hari sampai Selasa (11/5) kemarin.

Sekretaris Naqsabandiyah Sumbar, Edizon Revindo, mengatakan melalui kalender Munjid,  Naqsabandiyah sudah tahu tanggal pelaksanaan dimulainya ibadah puasa Ramadhan dan Idul Fitri sejak jauh-jauh hari. Menurut Edizon awal puasa tahun lalu jatuh pada Kamis sehingga puasa tahun ini jatuh pada Senin 12 April 2021. "Kemudian untuk Lebaran ditetapkan setelah 30 hari puasa dan jatuh pada 12 Mei 2021 hari ini," ucap Edizon.

Edizon mengatakan di Sumatra Barat ada 2.500 orang jamaah tarekat Naqsyabandiyah. Mereka tersebar di  Padang, Pesisir Selatan, Payakumbuh, Pasaman, Pasaman Barat, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan lainnya.