KENGKONG, AYOBANDUNG.COM --Burnley mengirim Fulham degradasi dari Liga Premier Inggris seusai menang 2-0 dalam lawatan ke Stadion Craven Cottage, London, untuk laga pekan ke-35 pada Senin waktu setempat atau Selasa (11/5/2021) dini hari WIB.

Hasil itu membuat Fulham yang berada pada urutan ke-18 gagal menambah raihan 27 poin. Fulham butuh 10 poin untuk mentas dari zona merah, tetapi mereka hanya punya sisa tiga pertandingan musim ini.

Tim besutan Scott Parker itu menyusul tim juru kunci Sheffield United yang sudah terdegradasi dua pekan lalu dan West Bromwich Albion yang baru saja terdegradasi sehari sebelumnya.

Bersamaan dengan itu, Burnley bukan saja mengamankan diri dari ancaman degradasi, tetapi juga melompat ke urutan ke-14 klasemen dengan koleksi 39 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Dibebani wajib menang, Fulham mengawali laga dengan relatif bagus, tetapi serangan berbahaya pertama lewat aksi individual Andre-Frank Zambo-Anguissa melakukan tusukan berakhir dengan tembakan yang terlalu mudah dijinakkan kiper Nick Pope.

Anguissa kembali jadi motor serangan Fulham pada menit ke-13 yang diakhiri sepakan voli Bobby Reid, tetapi James Tarkowski bisa memotong bola yang hampir mencapai Ademola Lookman.

Pada menit ke-20, Chris Wood menjebol gawang tuan rumah, tetapi gol itu dianulir karena bola terlanjur sudah meninggalkan lapangan sebelum dikirimkan menjadi umpan tarik oleh Matej Vydra.

Burnley membuka keunggulan pada menit ke-35 setelah memanfaatkan umpan panjang yang gagal dihentikan barisan pertahanan Fulham dan Vydra mengirimkannya ke tengah kotak penalti di mana Ashley Westwood menyambutnya dengan sempurna untuk mengoyak gawang tuan rumah.

Gol itu praktis membuat alur pertandingan beralih ke tangan Burnley yang hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-41 tapi tembakan voli Vydra melesat di muka gawang Fulham.

Tiga menit berselang, Wood mencetak gol cantik dengan tembakan melengkungnya menyambut sodoran Josh Brownhill ke area tiang jauh tak terjangkau upaya penyelamatan kiper Alphonse Areola.

Keunggulan dua gol membuat Burnley tampil semakin sabar pada babak kedua, merapatkan lini pertahanan di tengah upaya Fulham bangkit.

Pada menit ke-70, Anguissa nyaris mencetak gol perdananya untuk Fulham dengan tembakan sentuhan pertamanya setelah menyambut umpan kiriman Lookman yang sudah memperdaya Pope, tetapi bola berakhir membentur mistar gawang.

Empat menit kemudian, Burnley balas menebar ancaman lagi tetapi kali ini Areola sigap menutup ruang tembak Jay Rodriguez demi memperpanjang napas Fulham.

Ruben Loftus-Cheek mewakilkan penampilan Fulham dalam laga kali ini ketika sudah berada dalam posisi bebas dan melakukan sundulan yang melenceng pada menit ke-79 dan memutuskan mengirim umpan buruk ketika sudah berada di muka gawang Burnley pada menit keempat injury time.

Dalam pertandingan selanjutnya kedua tim akan tampil Sabtu pekan ini saat Fulham melawat ke St. Mary's menghadapi Southampton dan Burnley menjamu Leeds United di Turf Moor.