TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Setelah santri dari Pesantren Sukahideng Kecamatan Sukarame, Pesantren Idrisyah Kecamatan Cisayong dan Pesantren Haur Kuning Kecamatan Salopa, kini giliran santri Pesantren Cipasung Kecamatan Singaparna mulai dipulangkan pihak pesantren. Proses pemulangan menggunakan bus mulai Selasa 4 Mei 2021 dini hari.

Salah satu keluarga pesantren Cipasung Hariyadi Ahmad Satari mengatakan, pesantren Cipasung secara resmi meliburkan santrinya mulai tangga 3 Mei kemarin. Alhasil, para santripun akhirnya dipulangkan sebelum masa larangan mudik yang berlaku pada 6 Mei mendatang.

“Sudah dipulangkan, prosesnya berangsur ada yang berangkat pada Senin malam kemarin," ucap Hariyadi, Selasa 4 Mei 2021.

Ditambahkan Hariyadi, pihak pesantren menyediakan puluhan bus-bus untuk memulangkan para santri ke daerahnya masing-masing. Proses pemulangan sendiri dibimbing para petugas khusus yang telah ditunjuk.

Proses pemulangan ada juga yang dengan penjemputan yang dilakukan orang tua santri. Namun sebelumnya, dilakukan terlebih dahulu pemeriksaan kesehatan terhadap orang tua santri terutama yang datang dari luar kota.

“Ada juga yang dijemput orang tua mereka ke sini, tapi tentunya kita juga terapkan prokes dengan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu," ujar Hariyadi.