TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2021 tinggal 2 hari lagi. Tepatnya tanggal 6 Mei 2021, operasi dengan sandi ketupat Lodaya tersebut akan dimulai dan berlangsung hingga 17 Mei 2021.

Menjelang operasi ketupat 2021 kepolisian pun menggelar rapat koordinasi dengan lintas sektoral di Mapolres Tasikmalaya Kota, Selasa, 4 Mei 2021.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan mengatakan, rapat lintas sektoral tersebut dalam rangkap persiapan pelaksanaan operasi ketupat lodaya 2021.

Ia menyebut, semuanya unsur yang terlibat baik dari TNI, Dishub, Dinkes, serta instansi lainnya sudah siap dan mendukung dalam pelaksanaan operasi ketupat lodaya 2021 termasuk bagaimana cara bertindaknya.

"SOP di lapangan atau di pospam nanti sudah diberikan bagaimana cara bertindaknya agar sama," ujar Doni.

Ia menuturkan, dari hasil pemantauan memang sudah ada peningkatan volume kendaraan yang melintas wilayah Kota Tasikmalaya. Namun, sejauh ini belum ada penyekatan, tapi yang ada hanya pengetatan.

Untuk penyekatan akan dilaksanakan pada 6 sampai 17 Mei 2021. Selama pelaksanaan operasi ketupat lodaya 2021, pemeriksaan meliputi administrasi kendaraan dan kelengkapan pemudiknya.

"Pemeriksaan nanti kita lihat dari pelat nomor kendaraannya dan persyaratan administrasinya. Pengetatan administarasi semisal hasil PCR atau antigen yang tadinya 3 kali 24 jam menjadi 1 kali 24 jam," ucapnya.

Ia memastikan penyekatan akan dilakukan secara optimal selama 24 jam dangan pembagian petugas yang maksimal.

"Untuk kerawanan kecelakaan ini tentunya menjadi perhatian kami juga karena adanya peningkatan arus dan volume kendaraan," kata dia.