JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Mantan Komandan Satuan Kapal Selam (Satsel) TNI AL Kolonel Laut (P), Iwa Kartiwa, angkat bicara terkait banyaknya rumor tentang dirinya yang tengah terbaring sakit di kediamannya di Tasikmalaya, Jawa Barat. Tak hanya itu, ia juga membantah rumor bahwa dirinya terkena radiasi serbuk besi kapal selam. 

"Kemudian, ada isu saya terkena radiasi serbuk besi kapal selam karena terlalu lama, saya berdinas di kapal selam mulai sejak letnan dua, letnan satu, kapten, mayor, bersama temen-teman. Kami bagian yang tak bisa terpisahkan," ujarnya di Rumah Sakit Angkatan Laut Mintohardjo, Jakarta Pusat, Selasa 4 Mei 2021.

Walaupun bertugas di kapal selam dalam waktu yang lama, ia mengaku kondisinya saat ini dalam keadaan baik-baik saja. 

"Adapun radiasi, buktinya beliau yang bersama dengan kami masih sehat, karena kapal selam didesain oleh orang-orang ahli untuk bawa personel di kedalaman. Jadi insya allah di kedalaman berapa pun sesuai spefiknya kita aman," jelasnya. 

Menurutnya, kapal selam telah dirancang sesuai fungsi dan kegunaannya. Dengan demikian, personel yang berada di dalam kapal selam akan merasa aman. 

"Kalau masalah celaka, bukan hanya di kapal selam saja, di mobil saja kalau ac nya rusak bisa mati. Kapal selam itu aman, saya dan satsel saya tidak ada masalah. Jadi, kondisi saya saat ini memang sejak lama karena kurang disiplin diri, saya kondisi sedang perawatan tapi bukan karena dinas di kapal selam," tutur Iwa. 

Menurutnya, bertugas di kapal selam memiliki resiko yang tinggi, namun itu merupakan sebuah tugas yang dijalani oleh para prajurit.

"Dinas di kapal selam memiliki resiko yang tinggi. Mungkin perlu dipahami oleh media, resiko tinggi itu bukan saja milik kami, tapi para prajurit lain yang ada di medan tempur, air laut, udara, punya resiko yang sama," katanya. 

Iwa sangat bersyukur dengan kondisinya saat ini. Menurutnya, berbekal pengalaman yang luar biasa merupakan sebuah anugerah untuknya.

"Menurut kami itu adalah anugerah yang tidak tergantikan. Jadi, kami dengan kondisi saat ini bersyukur, kami diberikan yang terbaik oleh TNI Angkatan Laut. Alhamdulillah sampai saat ini diberikan jabatan yang bagi kami merupakan suatu kehormatan. Saya bisa jadi komandan kapal, saya menjadi komandan satuan, saya bisa jadi komandan pangkalan angkatan laut Bangka Belitung, Danpusdikpel," ucapnya.