LENGKONG, AYOBANDUNG.COM --Pernahkah kamu saat berbelanja melebihi budget atau anggaran yang sudah ditetapkan. Bahkan kebiasaan ini semakin parah setelah menerima dana Tunjangan Hari Raya alias THR.

Hasilnya target menabung atau investasi dari THR malah tidak berhasil terealisasi. Jika ini sering terjadi, Perencana Keuangan Lolita Setyawati memberikan 2 tips menahan dorongan berbelanja yang tidak terkontrol, dengan cara sebagai berikut dinukil dari Suara.com (jaringan Ayobandung.com).

1. Membuat daftar prioritas belanja

Lolita mengingatkan wajib hukumnya membedakan antara kebutuhan dan sekedar keinginan. Barang kebutuhan berarti apabila barang tersebut tidak ada akan menganggu kehidupan bahkan rencana tidak bisa berjalan.

Sedangkan barang keinginan hanya sekedar mempengaruhi kesenangan semata, tidak sampai menganggu kehidupan.

Nah, di sinilah Lolita menyarankan untuk menuliskan aneka daftar prioritas belanja kebutuhan, dan pastikan sesuai budget. Jika ada budget lebih ia mempersilahkan untuk membeli barang yang diinginkan.

 "Kalau takut jadi impulsif buying, kita bisa membuat daftar belanja selama Ramadan sampai Lebaran, jangan sampai melenceng dari daftar belanja itu," papar Lolita.

2. Potong uang tabungan di awal

Ini sangat penting untuk mengamankan aset atau tabungan yang direncanakan. Saat dana THR masuk, Lolita mengingatkan langkah pertama adalah dengan memangkas semua biaya kebutuhan dan dana tabungan atau investasi.

"Yang penting untuk investasi di awal sisanya baru di belanjakan. Jangan sudah belanja sisanya baru ditabung atau diinvestasikan kebalik ya. Setelah dapat THR langsung dipotong (tabungan di awal)," pungkas Lolita.