MANCHESTER, AYOBANDUNG.COM —  Paris Saint-Germain (PSG) benar-benar sedang berada dalam kondisi merugikan, usai menelan kekalahan 1-2 dari Manchester City pada leg pertama semifinal Liga Champions.

Apalagi, kekalahan itu mereka dapatkan di kandang sendiri. Minimal, mereka butuh mencetak dua gol tanpa balas atau menang dengan skor 3-1, untuk dapat melaju ke partai puncak.

Skenario lain dapat berlaku, jika PSG menang dengan selisih satu gol, tetapi dengan skor besar untuk lolos dengan aturan gol tandang (misal dengan skor 3-2 atau 4-3).

Lantaran kondisi tak menguntungkan itu, penyerang PSGNeymar, pun menyatakan akan mengorbankan apa pun untuk mengalahkan City pada leg kedua semifinal Liga Champions di Stadion Etihad, pada Rabu (5 Mei 2021) dini hari WIB nanti. Laga ini jadi kesempatan satu-satunya Les Parisiens untuk lolos ke final UCL (UEFA Champions League).

"Kami sudah menelan hasil yang sulit saat menghadapi City. Namun kami harus tetap percaya, tanpa memikirkan stastistik tentang seberapa besar kesempatan kami untuk menang," kata Neymar seperti dilansir Marca, Selasa (4 Mei 2021).

Perjuangan PSG akan semakin sulit karena tandem Neymar, Kylian Mbappe, diragukan tampil akibat masalah pada fisik.

"Setiap Parisian harus percaya pada kami. Saya akan menjadi juru gedor. Saya adalah patriot pertama di laga ini. Saya akan mengerahkan kemampuan terbaik untuk bisa ke final, bahkan jika harus mempertaruhkan hidup-mati di lapangan," kata Neymar berjanji.

Sementara itu, kapten Marquinhos mengatakan, PSG harus lebih tenang lagi. Menurut dia, pemain mesti cerdas dalam membaca permainan. Ia menyayangkan PSG kebobolan oleh dua gol bodoh. 

"Ini detail yang akan diperhitungkan. Di atas itu semua, kami mesti punya personalitas. Kami harus punya mentalitas juara, melakukan apa pun untuk melewatinya. Kami sudah sangat dekat, ini bukan waktu untuk ragu-ragu," ujar Mqrquinhos.

PSG semestinya dinyamankan oleh fakta mereka memenangkan dua pertandingan tandang pada babak sebelumnya, yakni 4-1 melawan Barcelona pada babak 16 besar, dan 3-2 di kandang Bayern Muenchen pada perempat final. [*]