LENGKONG, AYOBANDUNG.COM --Sepak bola merupakan salah satu permainan olahraga yang digemari masyarakat Indonesia. Sebuah foto jadul yang menampakkan klub-klub sepak bola Hindia Belanda ini sukses bikin warganet salfok alias salah fokus.

Dinukil dari Hitekno.com (jaringan Ayobandung.com), akun fanspage @perfectlifeid membagikan sembilan gambar mengenai klub sepak bola dengan gaya tak biasa. Rupanya foto tersebut menampakkan potret lawas klub sepak bola sebelum Indonesia meraih kemerdekaan.

"Potret gaya berpose para pemain antar klub sepakbola Hindia Belanda tahun 1920," tulis keterangan yang diunggah oleh akun @perfectlifeid.

Akun fanspage tersebut sebenarnya membagikan ulang foto jadul yang tersimpan para arsip online Leiden University. Pada arsip Digital Collection milik Leiden University memang tersimpan puluhan foto mengenai klub-klub sepak bola Hindia Belanda.

Dalam deskripsinya, tertulis bahwa foto-foto itu diambil pada kisaran 1920 hingga 1940-an. Foto-foto menampakkan pemandangan pemain yang berkompetisi di daerah Batavia, Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

"Voetbalelftal in Nederlands-Indië (tim sepak bola di Hindia Belanda)," tulis keterangan pada salah satu foto yang tersimpan di Leiden University.

Foto-foto tersebut menyimpan satu persamaan yang disorot warganet. Bukan celana super pendek, namun beberapa pemain dari klub-klub Hindia Belanda ini memakai celana dengan model 3/4.

Tak hanya itu, mereka bahkan menggunakan ikat pinggang sehingga tampilan justru terkesan formal. Sebagian pemain mencukur kumis mereka, namun beberapa pemain masih mempertahankan kumis dengan gaya cukup nyentrik.

Dikutip dari Wikipedia, timnas versi Hindia Belanda pada tahun 1938 menjadi tim Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia. Mereka bermain hanya satu pertandingan, dimana mereka kalah 6-0 atas Hongaria.

Setelah Perang Dunia II dan dekolonisasi pada tahun 1947, timnas sepak bola Hindia Belanda secara resmi tidak ada lagi dan dilanjutkan oleh tim sepak bola Indonesia. Foto jadul pemain di klub-klub sepak bola Hindia Belanda ini memancing beragam komentar dari warganet.

"Nggak bisa bayangin ngap banget lari pakai celana begitu..wkwk," kata salah satu warganet

"VOC Premiere League," canda netizen lainnya di Instagram.

"Cowok-cowok keren pada zamannya," balas salah satu warganet di Instagram.

"Setidaknya Hindia Belanda pernah ikut piala dunia. Sekarang tim senior Indonesia belum mampu lolos kualifikasi," pendapat salah satu warganet di Instagram. 

Itulah tadi foto jadul klub sepak bola Hindia Belanda yang menarik perhatian warganet, bagaimana pendapat kalian?