NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM --Jagat media sosial dihebohkan oleh unggahan Instagram milik Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan tentang perencanaan pembangunan daerah tahun 2020

Sejumlah netizen menilai narasi pada caption posting Hengky Kurniawan sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Terkait hal itu, Hengky Kurniawan membenarkan bahwa admin akun Instagramnya meniru dari postingan Anies Baswedan tanpa lebih dahulu meminta izin. Namun, ia meminta hal itu tak perlu dibesar-besarkan. 

"Belum komunikasi (dengan Anies). Saya rasa ini terlalu dibesar-besarkan. Gak apa-apa kalau sesuatu yang baik, kenapa anti untuk meniru," kata Hengky Kurniawan saat ditemui Ayobandung.com, Selasa 20 April 2021. 

"Statmen Pak Anies menginspirasi admin Medsos saya dan pembahasannya sama (perencanaan pembangunan). Kita samakan karena jadi motivasi yang baik," ujarnya. 

Hengky Kurniawan mengatakan, pada dasarnya ia tidak masalah untuk mengutip pesan yang disampaikan dari siapapun asalkan memberikan manfaat bagi masyarakat. Termasuk yang disampaikan Anies Baswedan.

Menurutnya, niat postingan tersebut bertujuan memberikan semangat OPD dalam melakukan pembangunan di Bandung Barat. 

"Kita tidak anti meniru, dan tidak mencontek program. Kita hanya adopsi motivasi agar OPD dan yang lainnya berpartisipasi dalam pembangunan," kata Hengky Kurniawan.

Hengky Kurniawan mengakui, Anies Baswedan adalah satu dari 3 gubernur yang jadi favorit dirinya. Dua nama lain adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Menurutnya, 3 pemimpin daerah tersebut selalu memberi inspirasi dalam hal membuat kebijakan dan menjalan tugas sebagai kepala daerah. 

"Pak Anies, jadi pemimpin daerah yang prestasinya bagus. Jadi role model atau contoh yang baik buat saya," pungkas Hengky.