LONDON, AYOBANDUNG.COM--Studi terbaru menyebut bila merawat tanaman hias di halaman rumah bisa mengurangi tingkat stres" class="related-tag text-orange">stres dan membantu seseorang merasa lebih bahagia.

Hal itu mengacu pada penelitian dari Royal Horticultural Society (RHS) Inggris.

Tim RHS menanam beberapa bunga seperti azalea, clematis dan lavender di pekarangan rumah penduduk berpenghasilan rendah di Salford, Greater Manchester. 

Para peneliti kemudian memantau tingkat stres" class="related-tag text-orange">stres penduduk yang berpartisipasi dalam penelitian dan mengeksplorasi bagaimana tanaman berkontribusi pada kebahagiaan warga.

Para peneliti merekrut 42 warga dengan total 38 pekarangan untuk penelitian. Penduduk masing-masing diberi satu pohon, tanaman semak, lalu tanaman umbi-umbian yang ditanam di pekarangannya.

Mereka tidak diharuskan merawat tanaman, karena peneliti menggunakan alat khusus yang bisa menyiram tanaman secara otomatis. Namun para peserta didorong untuk mengambil bagian dengan berkebun dengan bantuan dari penasihat Royal Horticultural Society.

Tim mengukur tingkat hormon kortisol (hormon terkait respon tubuh terhadap stres" class="related-tag text-orange">stres ) dari setiap penduduk, baik sebelum dan sesudah tanaman ditanam. Mereka menemukan proporsi yang lebih tinggi dari pola kortisol setelah menanam, yang menunjukkan bahwa penduduk memiliki status kesehatan yang lebih baik.

Sebagian besar peserta dalam uji coba mengatakan, taman itu membantu mereka merasa lebih bahagia. Sementara dua perlimanya melaporkan bahwa taman membantu mereka lebih bersantai dan lebih dekat dengan alam.

Peserta juga melaporkan bahwa taman membuat mereka lebih rileks, memberi mereka rasa bangga, dan membuat mereka lebih ceria dan semangat ketika melihat tanaman.

"Kami sekarang dapat lebih jauh membuktikan betapa pentingnya menanam tanaman di pekarangan dan ruang domestik," kata salah satu peneliti di Royal Horticultural Society Lauriane Suyin Chalmin-Pui seperti dikutip dari Daily Mail.

“Data pengurangan stres" class="related-tag text-orange">stres sangat mengejutkan, karena kami menemukan respons yang signifikan hanya dengan sejumlah kecil tanaman,” tambah dia.

RHS berharap penelitian ini menginspirasi lebih banyak orang untuk menanam beberapa tanaman di pekarangan rumah mereka. Penelitian ini juga menyoroti peran penting dari taman pribadi dan industri hortikultura dalam memberikan modal alam yang meningkatkan kesehatan bangsa.