LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Sebanyak 5 tanaman hias ini bisa bermanfaat bagi ruangan kamar mandi.

Kamar mandi dikenal sebagai tempat yang lembap dan basah.  Beberapa di antaranya adalah menjadi pengharum ruangan alami, menghalau binatang hama yang sering bermukim di kamar mandi seperti kecoa, dan pastinya membuat atmosfer yang lebih segar serta rileks saat penghuni rumah sedang berada di dalam kamar mandi.

Berikut 5 tanaman hias yang cocok dengan suasana kamar mandi dan punya bermacam-macam manfaat untuk kamar mandi di tempat tinggal Anda.

1. Anggrek

Ilustrasi bunga anggrek. ( vivisovivid dari Pixabay)

Bunga yang berwarna dan cantik ini ternyata bisa dibudidayakan di kamar mandi. Meski normalnya ditumbuhkan di luar ruangan, anggrek juga bisa bertahan di lingkungan yang lembap dan dingin. Bukan hanya menjadi dekorasi yang manis karena warnanya yang manis dan menarik secara visual, beberapa jenis anggrek juga bisa menjadi pengharum ruangan alami; contohnya adalah anggrek merpati, anggrek anosmum, atau anggrek vanda tricolor.

2. Pakis Boston

Pakis Boston (Wikipedia)

Daun-daunnya yang berukuran kecil dan tumbuh menggantung kebawah membuatnya tampak cantik bila digantung di langit-langit kamar mandi. Selain itu, pakis juga tanaman yang punya kemampuan menyerap kelembapan, mengatur kondisi udara, bahkan menyerap polutan di udara berupa bahan-bahan kimia. Meski tidak wangi, pakis bisa menjaga kualitas udara kamar mandi tetap bersih.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya (Pixabay)

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki berbagai khasiat bagi tubuh manusia. Mulai dari memperkuat akar rambut, pertolongan pertama untuk mengobati luka bakar, dan melembapkan kulit kering. Lidah buaya bisa hidup di kondisi lembap. Cukup siram lidah buaya dengan air selama dua sampai tiga minggu sekali. Pastikan tanaman ini punya akses ke sinar matahari selama enam sampai delapan jam per hari.

4. Aglaonema (Sri Rejeki)

Tanaman hias Aglaonema yang diprediksi masih menjadi tren di 2021. (Ayobandung.com/Ghina Tsuroya/magang)

Kemampuan sri rejeki dalam beradaptasi di lingkungan yang hangat atau lembap membuatnya cocok untuk diletakkan di kamar mandi. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah memastikannya mendapat sinar matahari yang cukup supaya daunnya yang lebar tidak menjadi kusam.

5. Ragam Jenis Kaktus dan Sukulen

Kaktus (Wikipedia)

Tanaman hias berukuran mini ini sedang menanjak popularitasnya dan digemari oleh masyarakat urban dan muda. Kaktus dan sukulen tidak memerlukan perawatan yang rumit. Tidak perlu sering-sering disiram karena kemampuan menyimpan airnya yang baik dan bisa didiamkan selama beberapa minggu dengan catatan mendapat sinar matahari yang cukup.