LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Sebagian kaum emak-emak hingga kini banyak yang masih memburu tanaman hias sebagai koleksi di rumah.

Tak tanggung-tanggung, sebagian dari emak-emak rela merogoh kocek uang hingga jutaan rupiah hanya untuk mengincar tanaman hias idamannya.

Tren berkebun dan mengoleksi tanaman hias sudah terjadi sejak pandemi Covid-19. Lantas apa saja tanaman hias harga juataan rupiah yang paling diburu orang?

Perlu diketahui, sejumlah tanaman hias pun harganya meroket karena naiknya permintaan selama pandemi. Banyak orang rela mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk mengoleksi hingga menjadikannya sebagai investasi.

Berikut ini tanaman hias harga jutaan rupiah yang perlu Anda ketahui.

Aglaonema 

Aglaonema atau Sri Rejeki adalah salah satu tanaman hias yang saat ini banyak dicari masyarakat. Untuk harga satu buah tanaman aglaonema ini dibanderol dengan harga yang bervariasi tergantung jenis, warna, dan ukuran. Biasanya, tanaman ini dibanderol mulai Rp 50 ribu hingga Rp 1 juta.

Semakin merah daun aglaonema maka harga yang ditawarkan semakin tinggi. Jenis aglaonema yang paling banyak digandrungi ialah suksom jaipong dan red anjamani. Selain karena warna daunnya yang unik, harga tamanan ini kian meroket apabila menang dalam perlombaan atau kontes tanaman hias.

Monstera

Pecinta tanaman hias pasti tahu dengan jenis tanaman yang satu ini. Monstera mulai dikenal dan diburu banyak orang setelah tanaman ini banyak muncul sebagai referensi tanaman hias di dalam rumah sekaligus dekorasi untuk rumah dengan tema minimalis atau tropis.

Bahkan, monstera bertangkai empat di Selandia Baru terjual dengan harga 8.150 dolar atau sekitar Rp 79,7 juta. Selain karena keberadaannya yang kian langka, warna dan bentuk daunnya yang unik juga menjadi salah satu faktor tanaman ini dijual dengan harga fantastis. Di Indonesia, monstera jenis obliqua lemon, deliciosa variegata, marmorata, dijual mulai Rp 8 juta hingga Rp 13 juta.

Philodendron

Tanaman dengan daun menyerupai bentuk hati ini mulai juga tak kalah populer di kalangan pecinta tanaman. Bahkan, daunnya yang berwarna pink atau jenis pink princess dibanderol mulai Rp 1,5 juta hingga RP 3,55 juta per pot.

Sementara itu, untuk philodendron berdaun tunggal dijual seharga Rp 400 ribu. Semakin banyak daunnya dalam satu pot, maka semakin mahal tanaman tersebut.