SEMARANGSELATAN, AYOBANDUNG.COM — Tanaman jenis Aroid diprediksi masih akan diminati tahun 2021 ini. Untuk masyarakat awam atau yang baru saja menyukai tanaman hias, mungkin lebih mengenal tanaman ini dengan nama

philodendron
atau
monstera

Hal tersebut diungkapkan Dea Meinissa, pemilik Plant Shop Kebun langit Semarang. Menurutnya, untuk di Semarang sendiri, tanaman

aroid
sudah naik daun di beberapa tahun kemarin.

“2021 yang masih jadi primadona tanaman jenis-jenis

aroid
seperti
monstera
,aturium yang setara gennya kayak
philodendron
dan
rhapidopora
juga lagi naik. Algonema juga masih banyak peminatnya," ujarnya kepada Ayosemarang.com (jaringan Ayobandung.com, Senin (22/3/2021).

Dea menambahkan, dirinya sempat kesulitan mendapatkan stok tanaman jenis Aroid. Sementara itu, permintaan pasar daya beli masyarakat pada jenis tanaman aroid sedang tinggi. 

"Pernah kita kesulitan dapat stok. Tapi untuk saat ini sudah normal lagi. Stok mudah," katanya.

Kebun Langit mematok harga bervariasi dari tanaman hias yang dijualnya. Mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

"Untuk harga sendiri juga tergantung ukuran tanaman, Mas. Biasanya yang lebih besar kita patok dengan harga lebih mahal," ungkapnya.

Adapun selama pandemi Covid-19, hobi merawat tanaman hias memang lagi tren. Bahkan hingga pandemi sudah berjalan lebih setahun ini, masih banyak penghobi baru merawat tanaman hias.

"Sampai sekarang juga masih banyak penghobi baru yang datang membeli tanaman hias ke sini.Selain sebagai hobi baru, tanaman hias biasanya juga dijadikan gift atau hadiah bagi orang kesayangan," katanya.

Untuk peminat tanaman hias sendiri, lanjut Dea, dari seluruh kalangan baik muda hingga kalangan orang tua. Meski demikian, setiap kalangan memiliki ketertarikan terhadap jenis tanaman hias yang berbeda.

"Kalau yang milenial atau baru mencoba hobi merawat tanaman hias biasanya cari jenis tanaman seperti kaktus-kaktusan. Lalu kalau ibu-ibu biasanya yang jenis monstera, aglonema, dan lainnya," terangnya.