LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Selain sebagai pengindah rumah, ternyata tanaman hias pun berfungsi sebagai pengusir rayap.

Rayap adalah salah satu masalah yang membuat perabot dan struktur rangka kayu di rumah menjadi rusak. Kerugian yang diakibatkan oleh hewan kecil ini lumayan besar, apalagi jika harus mengganti perabot kayu yang hancur tersebut.

Namun beberapa jenis tanaman hias disebut-sebut dapat membantu mengusir rayap atau inai-inai dari rumah. Aroma dari tanaman tersebut tidak disukai oleh rayap, sehingga mereka akan pergi menjauh.

Apa saja tanaman hias yang tak disukai dan dapat mengusir rayap tersebut? Simak berikut ini yuk:

Catnip

Catnip adalah tanaman yang mengeluarkan aroma tertentu. Menurut laman Southern Perimeter, rayap tak suka dengan aroma dari catnip. Anda bisa menanam rumpun catnip di beberapa bagian rumah yang berkayu. Atau juga bisa mengolesi kayu dengan minyak esensial catnip.

Mint

Daun mint tak hanya dapat dijadikan sebagai minuman, selain itu juga bermanfaat untuk mengusir rayap dan nyamuk. Aromanya yang pedas semriwing konon tak disukai serangga.

Marigold

Tanaman hias dengan bunga berwarna kuning ini mengeluarkan wangi yang tajam, dan tak disukai oleh rayap. Anda bisa dengan mudah menanamnya di halaman atau dalam pot bunga di sekitar rumah.

Geranium

Tanaman ini selain tak disukai oleh rayap, juga dihindari oleh serangga seperti belalang, laba-laba, kepik, dan juga nyamuk.

Lavender

Aroma lavender wangi bagi manusia, namun nyamuk dan rayap tak suka. Anda bisa menanam bunga berwarna ungu ini di dekat kusen pintu kayu atau jendela rumah Anda lho. Tak hanya menambah keindahan, namun juga mampu membantu mengusir hama.

Tanaman hias di atas mudah dijumpai di Indonesia, dan tumbuh baik di iklim tropis. Jadi, yuk menanam sekaligus mengusir rayap dari rumah.