JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Borussia Dortmund akan membuka pintu bagi kedatangan sejumlah penonton pada laga pembukaan Bundesliga Jerman musim 2020/2021. Dortmund menjamu Borussia Moenchengladbach pada Sabtu (19/9).

Pihak klub mengumumkan melalui laman resminya, Rabu (16/9), sejumlah kecil penonton akan dapat menyaksikan pertandingan melawan Gladbach di Signal Iduna Park. Dalam keterangan berikutnya, diinformasikan hanya warga Dortmund atau North Rhine-Westphalia yang akan mendapat akses.

"Tim-tim Bundesliga, namun juga klub-klub dan asosiasi-asosiasi dapat bersuka cita pada hari ini, dan kami jelas memiliki perasaan tersebut di BVB," demikian pernyataan Chief Executive Dortmund Hans-Joachim Watzke.

Joachim Watzke ingin berterima kasih kepada semua orang di dunia politik yang berkontribusi dalam beberapa pekan terakhir untuk keputusan ini. Di saat yang sama, ia merasakan kewajiban yang besar bahwa sebagai klub bersama dengan para penggemar, akan menangani masa percobaan ini dengan sangat bertanggung jawab dalam pekan-pekan mendatang.

Bundesliga musim lalu harus ditangguhkan pada Maret akibat pandemi Covid-19, sebelum kemudian dilanjutkan pada Mei dengan memainkan pertandingan-pertandingan tanpa penonton.

Dengan akan dimulainya musim baru pada Jumat (18/9), maka akan dilakukan uji coba untuk menghadirkan kembali penonton ke stadion-stadion. Hanya maksimal 20 persen kapasitas penonton yang dapat diisi, sementara persyaratan kebersihan yang ketat, serta pelarangan alkohol diterapkan.

Para pendukung tim tamu juga tidak akan diizinkan menyaksikan pertandingan di stadion. Pertandingan juga akan otomatis dimainkan tanpa penonton jika angka infeksi Covid-19 di kota tuan rumah terlalu tinggi dalam periode tujuh hari. `