JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Samsung menggebu-gebu ingin menghadirkan ponsel mendukung jaringan 5G, sudah bukan menjadi rahasia lagi.

Pabrikan asal Korea Selatan itu mulai memperkenalkan Galaxy S10 5G sebagai ponsel 5G pertama di dunia, disusul dengan Galaxy Note 10, dan Galaxy 20 Series. Itu baru di segmen premium.

Di kelas menengah, Samsung juga punya varian Galaxy A51 dan Galaxy A71, yang juga mendukung jaringan telekomunikasi generasi kelima itu. Kini, mereka juga dikabarkan tengah mengembangkan ponsel entry level yang dibekali kemampuan untuk mengadopsi teknologi 5G.

Menurut laporan Sammobile, Selasa (30/6/2020), Samsung tengah menggarap ponsel dengan nomor model SM-A426B, yang diduga merupakan kode untuk Samsung Galaxy A42 5G.

Berbeda dengan ponsel 5G lainnya yang dikemas dengan harga yang relatif mahal, Galaxy A42 didesain untuk kelas pemula sehingga harganya diperkirakan jauh lebih ekonomis.

Soal teknis, spesifikasi Samsung Galaxy A42 5G memori internal 128 GB dan akan dikemas dalam balutan warna abu-abu, hitam, dan putih.

Rencananya, Samsung Galaxy A42 5G akan meluncur pada tahun 2021 mendatang. Namun perlu dicatat, Samsung hanya akan mengedarkan ponsel ini ke negara-negara yang sudah menggelar jaringan 5G saja.