JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Presiden Joko Widodo (Jokowi), didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1441 H yang jatuh pada Ahad (24/5). Ucapan tersebut disampaikan presiden melalui pesan video dari Istana Bogor, Sabtu (23/5).

AYO BACA : Kemenhub Akui Banyak Warga Gunakan Berbagai Cara Agar Berhasil Mudik

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, mohon maaf lahir dan batin," ujar Jokowi dan Iriana.

AYO BACA : Berusia 53 Tahun, Mike Tyson Ingin Tarung Lagi Lawan Evander Holyfield

Lebaran tahun ini, imbuh Jokowi, dirayakan dengan cara yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat dituntut pengorbanannya untuk tidak mudik dan menjalankan silaturahim seperti biasa.

Kendati begitu, Jokowi mengingatkan bahwa pengorbanan untuk tidak mudik dan bersilaturahim secara tatap muka dilakukan demi keselamatan bersama. Terutama, keselamatan dan kesehatan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman. Semuanya dilakukan demi mencegah penularan Covid-19.

"Keselamatan handai taulan dan sanak saudara tentu lebih penting dan harus menjadi prioritas kita semua. Saya yakin, kita bersama-sama Bangsa Indonesia mampu melewati ujian berat ini," katanya.

Pada Lebaran tahun ini, presiden juga meniadakan gelar griya atau open house seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Langkah ini juga diikuti oleh seluruh menteri dan pejabat negara yang juga tidak mengadakan open house.

AYO BACA : Dedi Mulyadi Usul Jam Operasional Toko Pakaian Diperpanjang