LONDON, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah pemain Liga Primer Inggris melayangkan protes keras mengenai rencana digelarnya kembali Liga Primer Inggris.

Sebagaimana dilansir Goal International, Rabu (13/05/2020), Kepala Eksekutif Asosiasi Pesepakbola Profesional Gordon Taylor mengatakan, pemain tidak ingin dijadikan kelinci percobaan atas rencana dimulai kembalinya salah satu kompetisi elit Eropa tersebut.

AYO BACA: Berkeliaran Saat PSBB di Bandung Akan Dipukul Rotan?

AYO BACA: Tempelkan Liur di Bus, Tentara AS Tularkan Corona?

AYO BACA: Ada Penampakan Kuntilanak di RS Covid-19 Galang?

"Tidak pernah mudah ketika kami memiliki lebih dari 6 minggu untuk tetap di rumah, dan menit-menit berikutnya adalah awal dari apa yang dianggap sebagai pelonggaran pembatasan ini,” kata Taylor.

Selain itu, Taylor juga menegaskan bahwa situasi saat ini belum mendukung rencana dimulainya kembali Liga Primer Inggris.

“Para pemain tidak ingin dilihat sebagai kelinci percobaan dan itu akan berlaku untuk semua orang dalam olahraga profesional. Ini tentang mendapatkan keseimbangan keselamatan dan juga berusaha untuk kembali ke keadaan normal sebanyak mungkin," katanya.

Pada Senin (11/5/2020), pemerintah Inggris memberikan lampu hijau kepada penyelenggara liga untuk memulai kembali Liga Primer Inggris. Melalui Perdana Menteri Boris Johnson, pemerintah Inggris menyatakan bahwa kompetisi olahraga professional bisa dilanjutkan kembali mulai awal Juni ketika Negeri Ratu Elizabeth tersebut berangsur normal di tengah pandemi Covid-19.

AYO BACA: Benarkah Jokowi Bagikan Kuota Gratis 10 GB?

AYO BACA: Berkendara Tak Pakai Masker Kena Denda Rp5 Juta?

AYO BACA: Obat Corona Pesanan Jokowi untuk Bunuh Janin?

Akan tetapi, rencana tersebut menuai kecaman dari pelaku olahraga. Selain Taylor, bomber Manchester City, Raheem Sterling, juga menyatakan kekhawatiran jika Liga Primer Inggris digelar kembali.

“Saya tidak mengatakan sepak bola adalah hal yang terpenting di dunia, tapi ketika sepakbola terutama Liga Primer Inggris ditunda pasti ada hal yang besar yang belum pernah saya alami. Saya memiliki teman yang neneknya meninggal karena virus. Anggota keluarga juga ada yang meninggal. Jadi kita harus hati-hati,” kata Sterling sebagaimana dilansir ESPN.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/_5jz1TXESqI" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Senada dengan Sterling, bek sayap Tottenham Hotspur yang kini sedang dipinjamkan ke Newcastle United Danny Rose juga melontarkan protes kerasnya terhadap rencana tersebut. Melalui siaran langsung pada akun Instagram pribadinya, Rose ditanya mengenai dimulai kembalinya sepak bola untuk menyuntik moral masyarakat Inggris.

“Saya tidak peduli dengan moral bangsa. Kehidupan orang-orang dalam bahaya," kata Rose. (Ilham Sigit)