LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Meskipun ada banyak minuman yang anjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ternyata ada juga minuman tertentu yang harus dihindari sepenuhnya atau dikonsumsi dalam jumlah oleh wanita yang sedang hamil.

Hal ini berkaitan dengan risiko keguguran atau hambaran saat proses melahirkan. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui minuman apa saja yang harua dihindari selama masa kehamilan.

Melansir dari Boldsky, Rabu (25/3/2020), berikut 5 jenis minuman yang harus dihindari oleh ibu hamil:

1. Alkohol

AYO BACA : 4 Minuman Ini Sangat Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Seperti yang telah diketahui, alkohol merupakan salah satu minuman utama yang harus dihindari oleh ibu hamil. 

2. Minuman bersoda

Selain alkohol, minuman bersoda juga tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil, karena bisa berdampak kurang baik untuk janin dan sang ibu.

3. Minuman ringan 

AYO BACA : Tak Usah Panik, Ini Tip Bagi Ibu Hendak Bersalin di Tengah Wabah Corona

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa di dalam sampel minuman ringan berbagai merek memiliki kandungan kafein yang tinggi. Perlu diketahui, kafein memiliki efek buruk bagi perkembangan janin. 

4. Minuman penurun berat badan

Minuman penurun berat badan mengandung sakarin dan pemanis buatan. Sakarin dipercaya berhubungan dengan kecacatan pada bayi yang belum lahir.

5.  Susu mentah 

Susu yang tidak dipasteurisasi atau mentah juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan infeksi bakteri.

AYO BACA : Ibu Hamil Belum Terbukti Tularkan Virus Corona Covid-19 ke Janin