AYOBANDUNG.COM -- Berkeliling dunia, melanglang buana, boleh jadi merupakan idaman banyak orang. Melihat tempat-tempat wisata keren di berbagai belahan dunia lain sembari bertemu orang-orang dengan budaya berbeda, siapa yang tak kepingin.

Namun, bagaimana cara merealisasikannya?

Jika Anda termasuk orang yang punya duit berlebih, tentu, itu bukan persoalan berarti. Gampang saja dilakukan. Kapan pun mau, Anda dapat melakukannya. Lain halnya jika punya penghasilan terbatas. Untuk bisa keliling dunia, Anda perlu tekun menabung beberapa tahun lamanya sebelum impian berkeliling jagat itu bisa terlaksana.

Nah, salah satu cara paling gampang untuk dapat keliling dunia adalah bekerja di kapal pesiar. Bukan cuma keliling dunia, Anda pun dapat gaji, dalam dolar lagi. Konversi dolar ke rupiah membuat gaji Anda lebih dari cukup untuk menopang kehidupan Anda pribadi dan keluarga.

AYO BACA : Cuma Jualan Obat, Lelaki Ini Jadi Orang Kaya Raya

Dewasa ini, ratusan kapal pesiar dari berbagai ukuran, mulai dari kapal kecil berkapasitas ratusan penumpang hingga kapal pesiar ukuran jumbo yang mampu mengangkut hingga limaribu penumpang, beroperasi menawarkan berbagai pilihan layanan, fasilitas serta destinasi wisata menarik bagi para konsumennya.

Profil para wisatawan kapal pesiar sendiri secara umum adalah berusia antara 55-64 tahun (32 persen), 65-74 tahun (40 persen) dan di atas 75 tahun (15 persen). Dari segi biaya yang mereka keluarkan, rata-rata para wisatawan kapal pesiar menghabiskan antara 110-140 dolar AS per penumpang per hari.

Kapal pesiar kiwari bisa dibilang seperti sebuah kota terapung. Beragam produk barang dan jasa dibutuhkan para wisatawan yang tengah berlayar. Karenanya, banyak posisi pekerjaan diperlukan untuk kapal pesiar. Mulai dari pekerjaan kasar yang menuntut kekuatan otot hingga pekerjaan intelek yang lebih mengedepankan kekuatan otak.

Tak harus memiliki latar belakang khusus pendidikan pariwisata dan perhotelan untuk dapat bekerja di kapal pesiar. Jika Anda memiliki keahlian pada bidang tertentu dengan level istimewa, Anda bisa bekerja di kapal pesiar--sepanjang memenuhi sejumlah persyaratan lainnya yang ditetapkan perusahaan.

AYO BACA : Ini Perbedaan OKB dan Orang Kaya Lama dalam Mengelola Uang

Pemangkas rambut, tukang sulap, badut, fotografer, penyanyi, musisi, disc jokey, pelatih golf, instruktur yoga, pemandu senam, hingga ke penceramah untuk topik-topik tertentu dibutuhkan pula oleh kapal pesiar.

Penguasaan bahasa asing sudah barang tentu merupakan salah satu syarat pokok untuk bisa bekerja di kapal pesiar. Sebagian besar kapal pesiar mensyaratkan penguasaan bahasa Inggris sebagai persyaratan utama para pekerjanya. Jika Anda menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris tentu adalah sebuah nilai plus.

Ihwal posisi pekerjaan apa saja yang sesuai dengan keahlian Anda, bisa ditemukan dengan mudah dengan mengunjungi berbagai laman (situs web) yang khusus menayangkan informasi pekerjaan di kapal pesiar.

Anda yang kebetulan memiliki obsesi keliling dunia, apalagi kebetulan pula masih lajang, tak ada salahnya untuk mencoba meniti karir di kapal pesiar.

Bon Voyage!

Djoko Subinarto

Alumnus FISIP Universitas Padjadjaran (Unpad) sekaligus Kolumnis dan Blogger tinggal di Cimahi. Beberapa artikel banyak di muat di Tribun Jateng, Republika, Koran Jakarta, dan media nasional lainnya.

AYO BACA : Alasan Orang Kaya Enggan Bergaul dengan Orang Pesimistis